Profil - Biografi W.R. Soepratman Pengarang Lagu Indonesia Raya ,Lengkap Dengan Biodatanya

Profil - Biografi W.R. Soepratman Pengarang Lagu Indonesia Raya ,Lengkap Dengan Biodatanya -Figur atau tokoh yang anda idolakan terkadang bisa menjadi inspirasi anda dalam menjalankan dan meniru kesuksesanya untuk jalan hidup anda. Atau bahkan ada sebagian orang sangat fanatik terhadap tokoh atau idolanya sampai-sampai ia rela untuk mengikuti gaya hidupnya. Ya yang mingkin bisa dikatakan sangatlah jauh dari apa yang bisa ia lakukan.

Dan mungkin banyak dari tokoh baik artis,seniman ,ulama,negarwan yang dapat kita ulas Profil - Biografi W.R. Soepratman Pengarang Lagu Indonesia Raya ,Lengkap Dengan Biodatanya disini. Satu persatu nantiknya akan kita ulas sesuai dengan eranya masing-masing. Dan banyak juga lo tokoh masyarakat yang tidak dalah bebatnya dengan tokoh yang pernah anda kenal sebelumnya.Bahkan mereka tidak dikenal dan juga tidak terkenal.Pasti dong ada diantara kalian yang sudah pernah melihat ornag seperti itu. Itulah tokoh atau patriot sejati yang sesungguhnya. Dan perlu untuk diingat bahwa prilaku seorang tokoh atau idoila jangan ditirusemua yang gan karena, tiap pridabi pasti punya prilaku buruknya masing.masing. Dan saya harap ambil apa-apa yang baik saja dan jangan jadikan acuhan semuanya.

Dan meurut Wikipedia :Biografi adalah kisah atau keterangan tentang kehidupan seseorang. Sebuah biografi lebih kompleks daripada sekadar daftar tanggal lahir atau mati dan data-data pekerjaan seseorang, biografi juga bercerita tentang perasaan yang terlibat dalam mengalami kejadian-kejadian tersebut. Dalam biografi tersebut dijelaskan secara lengkap kehidupan seorang tokoh sejak kecil sampai tua, bahkan sampai meninggal dunia. Semua jasa, karya, dan segala hal yang dihasilkan atau dilakukan oleh seorang tokoh dijelaskan juga. Teks biografi disusun oleh orang lain, bukan oleh diri sendiri. Profil - Biografi W.R. Soepratman Pengarang Lagu Indonesia Raya ,Lengkap Dengan Biodatanya

Patriotisme adalah sikap yang berani, pantang menyerah dan rela berkorban demi bangsa dan negara. Patriotisme berasal dari kata "patriot" dan "isme" yang berarti sifat kepahlawanan atau jiwa pahlawan, atau "heroism" dan "patriotism" dalam bahasa Inggris. Pengorbanan ini dapat berupa pengorbanan harta benda maupun jiwa raga. Jadi bisa dilihaty bahwa arti Biografi dan Patriotisme sangatlah jauh berbeda bukan, sekarang kita simak saja langsung yuk Profil - Biografi W.R. Soepratman Pengarang Lagu Indonesia Raya ,Lengkap Dengan Biodatanya

W.R. Soepratman atau pada umumnya yang kita kenal dengan sebutan nama W.R. Supratman adalah salah satu aset berharga dalam sumber daya manusia di Indonesia. Beliau dikenal dengan sebagai pahlawan bagi negara ini dan juga lagu karangannya dijadikan sebagai lagu nasional bagi Indonesia.

Wage Rudolf Supratman lahir pada tanggal 19 Maret 1903 di Somongari, Purworejo. Oh iya, beberapa informasi yang saya dapatkan bahwa masih ada perdebatan mengenai kebenaran dari tanggal lahir beliau.

biografi wr supratman Di dalam keluarga, Supratman memiliki seorang ayah yang bernama Joemeno Kartodikromo adalah seorang tentara KNIL Belanda, dan ibunya bernama Siti Senen

W.R. Supratman adalah anak ke tujuh dari sembilan bersaudara. Kakak sulungnya bernama Roekijem. Pada tahun 1914, Soepratman ikut dan tinggal bersama Roekijem ke Makassar.

Perjalanan Kehidupan W.R. Soepratman Di Makassar, supratman disekolahkan di sana dengan dibiayai oleh suami Roekijem yang bernama Willem van Eldik.

Soepratman belajar bahasa Belanda di sekolah malam selama tiga tahun kemudian ia melanjutkannya di Normaalschool sampai selesai yang ada di Makassar. Ketika berusia 20 tahun, beliau dihadikan guru di sekolah Angka 2. Dua tahun selanjutnya ia mendapat ijazah Klein Ambtenaar.

Supratman bekerja pada sebuah perusahaan dagang selama beberapa waktu. Dari Makassar, ia pindah ke Bandung, di sana ia bekerja sebagai wartawan di harian Kaoem Moeda dan Kaoem Kita. Sebenarnya pekerjaan itu sudah tetap dilakukannya sewaktu tinggal di Jakarta.

Soepratman tertarik kepada pergerakan nasional dan mulai banyak bergaul dengan tokoh-tokoh pergerakan pada masa itu. Perasaan tidak senang terhadap penjajaan yang dilakukan oleh Belanda mulai tumbuh yang kemudian ia tuangkan dalam buku yang berjudul Perawan Desa. Buku tersebut disita dan dilarang beredar oleh pemerintah Belanda.

Supratman dipindahkan ke Kota Sengkang. Di kota tersebut ia tidak menetap terlalu lama kemudian ia pulang ke Makassar. Roekijem sendiri sangat menyukai akan sandiwara dan musik. Banyak karangannya yang dipertunjukkan di mes militer.

Tidak hanya itu, Roekijem juga senang dalam bermain biola, kegemarannya ini yang membuat Soepratman juga senang bermain alat musik dan membaca buku musik.

W.R. Soepratman dan Lagu Indonesia Raya Inilah latar belakang lahirnya lagu kebangsaan kita, yaitu Indonesia Raya. Bermula saat Soepratman tinggal di Makassar, di sana ia memperolah pelajaran musik dari kakak iparnya, Willem van Eldik, sehingga ia pandai dalam bermain biola yang kemudian juga bisa menggubah sebuah lagu.

Ketika Supratman tinggal di Jakarta, ia pernah membaca sebuah karangan dalam majalah Timbul. Dalam karangan tersebut penulis karangan itu menantang para ahli-ahli musik yang ada di Indonesia untuk menciptakan sebuah lagu kebangsaan.

Soepratman tertantang lalu ia mulai menggubah lagu. Dan tepatnya pada tahun 1924 saat ia berusia 21 tahun lahilah sebuah lagu yang berjudul Indonesia Raya, yang pada waktu itu ia sedang berada di Bandung.

biografi wr supratman

Pada bulan Oktober 1928 dilangsungkan Kongres Pemuda II yang dilaksanakan di Jakarta. Pada malam penutupan kongres, Supratman memperdengarkan lagu ciptaannya secara instrumental di depan peserta umum.

Pada kongres itulah untuk pertama kalinya lagu Indonesia Raya dikumandangkan di depan umum. Semua yang hadir terpukau saat mendengarnya, dengan cepat lagu tersebut terkenal di kalangan pergerakan nasional.

Tidak hanya itu, ketika ada partai-partai politik mengadakan kongres, maka lagu Indonesia Raya selalu dinyanyikan. Lagu tersebut merupakan perwujudan dari rasa persatuan dan kehendak untuk merdeka.

Supratman selalu diburu oleh polisi Hindia Belanda akibar menciptakan lagu Indonesia Raya, sampai ia jatuh sakit di Surabaya. Lagu karangannya yang terakhir dengan judul Matahari Terbit pada awal Agustus 1938, ia ditangkap ketika menyiarkan lagu tersebut bersama pandu-pandu di NIROM Jalan Embong Malang, Surabaya dan di tahan di penjara Kalisosok, Surabaya yang akhirnya meninggal pada tanggal 17 Agustus 1938 karena sakit.

Baca juga : Biografi Jendral Sudirman Pahlawan Indonesia.

Karya W.R. Soepratman Beliau adalah pengarang dari dua lagu besar bagi negara Indonesia ini, yaitu Indonesia Raya yang telah ditetapkan sebagai lagu kebangsaan nasional, dan lagu Ibu Kita Kartini yang ditujukkan untuk menghargai pahwalan emasipasi wanita, yaitu R.A. Kartini.

Penghargaan untuk W.R. Soepratman Sesudah Indonesia merdeka, lagu Indonesia Raya dijadikan sebagai lagu kebangsaan dan lambang persatuan bangsa. Hari kelahirannya ditetapkan sebagai Hari Musik Nasional oleh Megawati Soekarnoputri saat menjabar sebagai Presiden Republik Indonesia.

Tanggal kelahiran masih diperdebatkan karena ada pendapat yang menyatakan bahwa Soepratman dilahirkan pada tanggal 19 Maret 1903. Pendapat ini juga didukung oleh keluarga Soepratman dan juga dikuatkan dengan keputusan Pengadilan Negeri Purworejo pada tanggal 29 Maret 2007.

Informasi di atas kami sadur dari beberapa sumber yang ada di Internet, jika ada kesalahan atau kekurangan dari informasi di atas, kami meminta maaf dan kamu juga bisa membetulkannya melalui kolom komentar, terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Profil - Biografi W.R. Soepratman Pengarang Lagu Indonesia Raya ,Lengkap Dengan Biodatanya"

Posting Komentar