Profil - Biografi Andrea Hirata Sosok Hebat Dibalik Novel Laskar Pelangi ,Lengkap Dengan Biodatanya

Profil - Biografi Andrea Hirata Sosok Hebat Dibalik Novel Laskar Pelangi ,Lengkap Dengan Biodatanya -Figur atau tokoh yang anda idolakan terkadang bisa menjadi inspirasi anda dalam menjalankan dan meniru kesuksesanya untuk jalan hidup anda. Atau bahkan ada sebagian orang sangat fanatik terhadap tokoh atau idolanya sampai-sampai ia rela untuk mengikuti gaya hidupnya. Ya yang mingkin bisa dikatakan sangatlah jauh dari apa yang bisa ia lakukan.

Dan mungkin banyak dari tokoh baik artis,seniman ,ulama,negarwan yang dapat kita ulas Profil - Biografi Andrea Hirata Sosok Hebat Dibalik Novel Laskar Pelangi ,Lengkap Dengan Biodatanya disini. Satu persatu nantiknya akan kita ulas sesuai dengan eranya masing-masing. Dan banyak juga lo tokoh masyarakat yang tidak dalah bebatnya dengan tokoh yang pernah anda kenal sebelumnya.Bahkan mereka tidak dikenal dan juga tidak terkenal.Pasti dong ada diantara kalian yang sudah pernah melihat ornag seperti itu. Itulah tokoh atau patriot sejati yang sesungguhnya. Dan perlu untuk diingat bahwa prilaku seorang tokoh atau idoila jangan ditirusemua yang gan karena, tiap pridabi pasti punya prilaku buruknya masing.masing. Dan saya harap ambil apa-apa yang baik saja dan jangan jadikan acuhan semuanya.

Dan meurut Wikipedia :Biografi adalah kisah atau keterangan tentang kehidupan seseorang. Sebuah biografi lebih kompleks daripada sekadar daftar tanggal lahir atau mati dan data-data pekerjaan seseorang, biografi juga bercerita tentang perasaan yang terlibat dalam mengalami kejadian-kejadian tersebut. Dalam biografi tersebut dijelaskan secara lengkap kehidupan seorang tokoh sejak kecil sampai tua, bahkan sampai meninggal dunia. Semua jasa, karya, dan segala hal yang dihasilkan atau dilakukan oleh seorang tokoh dijelaskan juga. Teks biografi disusun oleh orang lain, bukan oleh diri sendiri. Profil - Biografi Andrea Hirata Sosok Hebat Dibalik Novel Laskar Pelangi ,Lengkap Dengan Biodatanya

Patriotisme adalah sikap yang berani, pantang menyerah dan rela berkorban demi bangsa dan negara. Patriotisme berasal dari kata "patriot" dan "isme" yang berarti sifat kepahlawanan atau jiwa pahlawan, atau "heroism" dan "patriotism" dalam bahasa Inggris. Pengorbanan ini dapat berupa pengorbanan harta benda maupun jiwa raga. Jadi bisa dilihaty bahwa arti Biografi dan Patriotisme sangatlah jauh berbeda bukan, sekarang kita simak saja langsung yuk Profil - Biografi Andrea Hirata Sosok Hebat Dibalik Novel Laskar Pelangi ,Lengkap Dengan Biodatanya

Andrea Hirata, itulah nama yang dipanggil oleh orang-orang yang ada disekitarnya. Salah satu penulis novel yang pernah ada di Indonesia. Andrea Hirata lahir pada tanggal 24 Oktober 1982 di Gantung, Belitung Timur, Bangka Belitung. Ia merupakan anak keempat dari pasangan Seman Said Harunayah dan NA Masturah.

Ada kisah yang menarik soal pemberian nama Andrea Hirata ini. Menurut informasi yang beredar bahwa Andrea Hirata pernah berganti nama sebanyak tujuh kali.

Nama ketika Andrea lahir, yaitu Aqil Barraq Badruddin Seman Said Harun, karena kedua orang tuanya mengubah namanya sebanyak tujuh kali hingga sampai saat ini namanya menjadi Andrea Hirata.

Kisah Hidup Andrea Hirata Pada masa kecil, Andrea Hirata hidup di Pulau Belitong dengan keadaan keluarga yang miskin. 

Andrea Hirata bersekolah di sebuah sekolah yang kondisi bangunannya jauh dari kata layak untuk digunakan sebagai tempat menimba ilmu, bangunannya yang hampir rubuh dan berbagai masalah lainnya, Sekolah Dasar tersebut bernama SD Muhammidyah.

biografi andrea hirata

Seperti halnya kita semua, terkadang walaupun keadaan bangunan sekolah tidak nyaman, tapi didalam bangunan tersebut kita tidak sendirian. Ada teman-teman yang ada disamping kita, yang sama-sama menimba ilmu yang juga merasakan ketidaknyamanan dari sebuah bangunan sekolah, namun hal itu bisa terabaikan karena ada teman-teman disamping kita, yang membuat kita melupakan hal-hal buruk dari sekolah.

Andrea Hirata pun begitu, walaupun bersekolah dengan tempat yang hampir rubuh bangunannya tidak menyurutkan semangatnya dalma menimba ilmu. Di SD Muhammadiyah itulah ia bertemu dengan sahabat-sahabatnya yang ia panggil dengan sebutan Laskar Pelangi.

Baca juga : Biografi Ahmad Fuadi Penulis Novel Negeri 5 Menara

Ada kisah yang begitu menginspirasi yang bisa dijadikan teladan bagi para pendidik yang ada di Indonesia, yaitu Ibu Muslimah.

Andrea Hirata mengenal Bu Muslimah ketika ia bersekolah di SD Muhammadiyah. Bu Muslimah adalah seorang guru yang sangat dihormati oleh Andrea.

Apa sih yang membuat Andrea Hirata begitu Menghormati Bu Muslimah ?

Di SD Muhammidyah seperti yang digambarkan di Film Laskar Pelangi, jumlah muridnya hanya 11 orang ditambah dengan kondisi bangunan sekolah yang tidak layak, namun Bu Muslimah tetap ikhlas dalam mengajar di sekolah tersebut.

Karena Bu Muslimah, Andrea Hirata termotivasi untuk terus belajar dan datang untuk bersekolah walaupun jarak dari rumah ke sekolahnya itu kurang lebih 30 km.

Bahkan Andrea Hirata mengungkapkan ia menulis Novel Laskar Pelangi untuk Bu Muslimah.

Yang didalam novel tersebut bercerita mengenai kehidupannya sehari-hari di SD Muhammdiyah bersama teman-temannya dan juga bersama sosok guru yang menginspirasinya, yaitu Bu Muslimah.

Andrea Hirata merupakan jantung dari novel yang berjudul Laskar Pelangi yang menjadi tercatat sebagai buku sastra Indonesia terlaris sepanjang sejarah.

Baca juga : Biografi William Shakespeare Sastrawan Inggris.

Laskar Pelangi adalah karya novel pertama dari Andrea Hirata. Karya pertama yang begitu membanggakan. Novel ini diterbitkan oleh Bentang Pustaka pada tahun 2005.

Novel Laskar Pelangi bercerita mengenai kehidupan Andrea Hirata waktu masih bersekolah, tidak hanya itu novel ini juga menceritakan tentang 10 anak dari keluarga miskin yang bersekolah di SD dan SMP Muhammdiyah di Belitung.

Seperti pada penyampaian diatas, teman-teman sekolah dari Andrea Hirata ia sebut dengan sebutan Laskar Pelangi. Tidak hanya menceritakan mengenai kisah dari sekolahnya, Laskar Pelangi lebih dari itu.

Laskar Pelangi sebuah sebutan bagi para Siswa yang bersekolah di SD dan SMP Muhammdiyah yang dimana nama tersebut diberikan oleh Bu Muslimah, salah satu seorang guru yang mengajar pada sekolah tersebut.

Sebuah novel yang mengagumkan dan begitu menginspirasi, pada tahun 2008 naskah dari Novel Laskar Pelangi diadaptasi menjadi sebuah film yang berjudul sama dengan novelnya, yaitu Laskar Pelangi.

Selain Laskar Pelangi, Hirata juga menerbitkan beberapa novel dengan judul Sang Pemimpi, Edenser, dan Maryamah Karpov yang merupakan trilogi novel dari Laskar Pelangi.

Film Laskar Pelangi diproduksi oleh Miles Films dan Mizan Production. Film ini dibuat di Pulau Belitong, sampai aktor-aktor yang menjadi anggota Laskar Pelangi juga adalah anak-anak asli Belitung.

Baca juga : Biografi Chairil Anwar Penyair Indonesia.

Karya Novel dari Andrea Hirata Berikut daftar novel yang ditulis oleh Andrea Hirata :
  • Laskar Pelangi 
  • Sang Pemimpi 
  • Edensor 
  • Maryamah Karpov
  • Padang Bulan & Cinta di Dalam Gelas
  • Sebelas Patriot
  • Laskar Pelangi Song Book
  • Ayah
Pendidikan Andrea Hirata Kembali sedikit melihat pendidikan yang pernah dirasakan oleh Andrea Hirata.

Andrea mengenyam pendidikan tinggi dengan gelar di bidang ekonomi dari Universitas Indonesia. Ia juga menerima beasiswa dari Uni Eropa, ia mengambil program master di Eropa, pertama di Universitas Paris, lalu di Universitas Sheffield Hallam di Inggris.

Penghargaan yang Pernah diraih Andrea Hirata Andrea Hirata pernah menjadi pemenang Buch Awards Jerman 2013, ia juga pernah menjadi Pemenang Festival Buku New York 2013 dalam kategori general fiction. Honorary Doctor of Letters (Hon Dlitt) dari Universitas Warwick 2015

Informasi di atas kami sadur dari berbagai sumber yang ada di Internet, jika ada kesalahan atau kekurangan dari informasi di atas, kami meminta maaf dan kamu juga bisa membetulkannya melalui kolom komentar atau melalui email kami, terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Profil - Biografi Andrea Hirata Sosok Hebat Dibalik Novel Laskar Pelangi ,Lengkap Dengan Biodatanya"

Posting Komentar